-->

Panduan Setting Awal Toko Online di Shopee Dengan Mudah

Jualan di Shopee - Panduan setting permulaan untuk warung online di Shopee. Haloo para pengunjung setia Blog Kajian Bisnis. Apakah anda melakukan bisnis online? Sudah punya warung online di Shopee?

Bagaimana tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee yang gampang dipraktekkan?

Apabila anda melakukan bisnis online, alangkah pantasnya seandainya Shopee menjadi salah satu channel pemasaran yang perlu anda miliki. Tentunya sebagai pendukung sesudah anda mempunyai website dan warung online sendiri.

Pada kans kali ini, saya coba untuk mengulas mengenai tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee. Kenali apa aja sih settingan yang seharusnya anda lakukan sebelum mulai berjualan di Shopee.

Simak terus ya. Gampang-mudahan bermanfaat.


Panduan Setting Permulaan untuk Kios Online di Shopee

Untuk melakukan penguasaan, syarat awalnya, tentu anda seharusnya punya account warung online di Shopee. Belum bisa daftarnya? Gampang. Cara ringkasnya sebagai berikut:


  • Cari aplikasi SHOPEE di Playstore atau Appstore;
  • Install aplikasinya;
  • Setelah terinstall, lakukan pendaftaran di dalam Platform Shopee.

Cara jualan di Shopee - Setelah pendaftaran selesai, anda bisa segera login ke dashboard Shopee untuk memulai tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee. Akan lebih nyaman dikala anda login menggunakan komputer jinjing atau PC.

Login melewati Shopee Seller Centre.

Tampilan dashboard di dalam Shopee akan nampak sebagai berikut:



Bagi yang baru memulai bisnis online dengan berjualan melewati Shopee, tentu ada setting yang seharusnya dikerjakan supaya warung bisa tampil lebih bagus. Kali ini saya akan coba mengulas tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee ya.

Untuk berikutnya, saya akan menyebut istilah Shopee Seller Centre menjadi dashboard Shopee, supaya lebih gampang.

Dari dashboard Shopee warung online anda, silakan klik SHOP SETTING (lingkaran paling kanan pada menu dashboard Shopee, cek pada foto tampilan di atas)

Dari shop setting, kita akan dibawa menuju detil menu yang seharusnya anda siapkan untuk setting permulaan warung online anda di Shopee.



Secara awam, tutorial setting permulaan untuk warung online di shopee Ada TIGA komponen besar. Pilihan menu tersebut bisa anda dapatkan di dalam menu shop setting Shopee.

Seperti yang bisa anda lihat pada display foto di atas. Bagian tersebut ialah sebagai berikut:

SHOP

Bagian ini terdiri dari Shop Profile, My Shipping, My Address, Shop Rating, My Performance, dan Bank Account / Cards.

Panduan setting permulaan untuk warung online di shopee pada zona ini, komponen yang perlu anda observasi ialah Shop Profile (profil warung), My Address (alamat warung), dan Bank Account (rekening bank yang anda miliki).

Untuk shop rating dan my performances tidak perlu diamati dahulu. Kedua komponen tersebut akan nampak isinya dikala warung anda telah mempunyai penjualan.

Konsumen yang akan memberikan rating pada warung online anda di Shopee, lalu metode Shopee yang akan menghitung statistik performa warung anda. Jadi untuk permulaan, tidak perlu risau mengenai komponen ini.

Selanjutnya, tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee pada zona Shop Profile (profil warung), anda perlu menerangkan deskripsi warung anda secara detil. Mulai dari foto profil warung, foto cover warung, dan deskripsi warung anda.

Pada deskripsi warung, anda bisa menerangkan secara detil tentang produk yang anda jual di warung online Shopee anda. Berikan deskripsi yang terang dan detil. Sebagai tambahan, Shopee menyediakan tambahan slot yang bisa diisi foto dan video dari Youtube.

Anda bisa mengisi optimal sampai 5 foto atau 5 video mengenai produk yang anda jual.

Bagian berikutnya dari tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee sesudah Shop Profile ialah mengisi jasa pengiriman apa saja yang anda gunakan dikala transaksi di Shopee.



Ada opsi Go Send dari Gojek, JNE reguler, JNE OKE,  J&T Express, dan POS Indonesia. Anda bisa mengaktifkan salah satunya saja sampai mengaktifkan semua opsi kurir sekaligus.

Lalu, pada komponen my address, anda bisa mengisi alamat rumah atau alamat warung online anda. Pada menu, akan ada opsi default address dan pickup address (observasi gambar berikut ini)



Anda tinggal klik untuk menambahkan info alamat. Isikan secara detil dan terang ya. Data alamat yang perlu anda lengkapi sebagai berikut:


Setelah anda lengkapi alamat warung atau alamat rumah anda cocok form di atas, anda bisa klik opsi berikut ini:

Set As Default Address dan Set As Pickup Address

Apabila alamat anda sama dengan alamat untuk pengiriman, karenanya anda bisa centang kedua opsi tersebut. Hal ini perlu anda lakukan sebab akan menjadi acuan Shopee untuk menghitung ongkos kirim yang berlaku pada warung online anda di Shopee.



Menu berikutnya yang perlu anda lengkapi ialah mengisi data nomor rekening Bank yang anda gunakan untuk transaksi di Shopee.

Pembayaran dari konsumen di Shopee tidak segera dibayarkan ke penjual, akan tapi disimpan dahulu ke rekening bersama dari Shopee. Setelah pesanan konsumen dikirimkan oleh penjual dan diterima dengan bagus, baru pembayaran akan diteruskan Shopee terhadap penjual ke dalam Dompet Shopee.

Dari dompet Shopee tersebut, penjual bisa mencairkan dananya ke rekening bank pribadinya.

Jadi dikala mengisi data nomor rekening dan info lainnya, pastikan diisi dengan benar ya, supaya dikala pencairan dana berjalan lancar. Tak nyasar atau tersangkut sebab salah pengetikan nomor atau nama.

Berikut ini data rekening bank yang seharusnya diisikan di Shopee:



Panduan Setting Permulaan untuk Kios Online di Shopee dengan Gampang

SETTING

Panduan setting permulaan untuk warung online di shopee berikutnya ialah menu SETTING. Bagian ini terdiri dari Shop Settings, Privacy Settings, Chat Settings, dan Notification Settings. Empat komponen ini sebaiknya anda lakukan setting cocok kemauan anda.

Menu shop setting ini untuk mempertimbangkan apakah produk jualan anda bisa ditawar atau harganya telah pas.



Dan ada penguasaan vacation mode. Apabila anda aktifkan, karenanya warung online shopee anda akan otomatis tutup sementara cocok penguasaan anda. Hal ini bermanfaat seandainya anda tidak bisa mengelola warung online Shopee anda dalam bentang waktu tertentu sebab ada keperluan lain.

Pengontrolan berikutnya yang perlu diamati dalam tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee ialah privacy setting. Tampilannya sebagai berikut:



Pada privacy setting ini anda bisa mempertimbangkan apakah aktivitas yang anda lakukan di Shopee mau nampak orang lain di feed (setting publik) atau dibuat tersembunyi (setting privat).

Anda tinggal pilih cocok yang anda inginkan.

Lanjut yaa..

Pengontrolan berikutnya tentang tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee ialah chat setting. Tampilannya sebagai berikut

Pada komponen ini termasuk komponen yang seru untuk penguasaan sebab ada fitur auto reply untuk chat. Jadi fungsinya bisa diaplikasikan untuk ucapan selamat datang dari warung shopee anda terhadap konsumen yang chatting di Shopee.

Anda bisa berkreasi untuk membuat sapaan selamat datang di warung anda.

Salah satu teladan ucapan selamat datang di warung Shopee misalnya sebagai berikut:

Bagian menu berikutnya sebagai tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee ialah notification setting. Menu ini terdiri atas dua komponen, ialah e-mail notification dan push notification. Tampilan menunya ialah sebagai berikut:

Apabila notifikasi ini akan mempertimbangkan info apa saja yang mau dikirimkan dari Shopee ke e-mail anda. Anda bisa memilih cocok kemauan dan skala prioritas. Apabila berdasarkan anda semuanya penting, tinggal ceklis menu yang ada di komponen e-mail notifikasi.

Pilihan komponen push notification tampilannya sebagai berikut:

Pada komponen ini memegang notifikasi apa yang akan timbul pada aplikasi Shopee di smartphone anda. Pilihan menunya terdiri dari update pesanan, info follower baru dan komentar, info produk yang stoknya habis, update dompet Shopee, Chatting dengan konsumen, dan lain-lain.

Apabila berdasarkan anda perlu, anda tinggal mengaktifkan opsi yang ada pada zona ini.

ACCOUNT

Pada komponen ini terdiri dari info detil mengenai data pribadi yang diperlukan untuk peralatan dan verifikasi data Shopee.

Anda bisa memegang data pribadi anda pada komponen ini.

Yap, selesai telah penjelasan singkat mengenai tutorial setting permulaan untuk warung online di Shopee. Pastikan anda meniru langkah-langkah ini ya.

Semoga jualan anda laris manis. Amiin.

Panduan Setting Awal Toko Online di Shopee Dengan Mudah
-->