-->

Cara meningkatkan omset jualan di Shopee dengan mudah

Jualan di Shopee - Kemunculan marketplace sebagai media untuk jualan dikala ini memberi warna baru dalam metode perdagangan dan perkembangan dunia maya marketing. Aku pikir ini sungguh-sungguh menolong para UKM dan pedagang dalam memasarkan produk dan karyanya. Salah satu kelebihan marketplace yaitu kecuali cuma-cuma dan bebas jual apa saja juga tak perlu melaksanakan promosi ataupun optimasi, sebab hal tersebut sudah dilaksanakan oleh pihak marketplace.

Begitupun dengan Shopee, sudah tahu seputar Shopee kan? seandainya belum tahu, silakan di search di Mba Google yah, seandainya sudah next kita lanjutkan !

Walaupun Shopee ini terbilang marketplace baru, melainkan eksistensinya di jagat online tak kalah pamor dengan pendahulunya dan sudah sukses menarik ketertarikan pecandu belanja online.



Cara berjualan di shopee - Di Shopee sudah banyak sekali seller yang bergabung dengan ratusan ribu produk atau mungkin lebih dari itu, sehingga persainganpun cukup ketat sebab tak hanya penjual ecer saja melainkan para juragan besarpun turut membuka lapak mereka disitu, dan yang paling miris yaitu mereka tak jarang mematikan penjual kecil dengan mematok harga sungguh-sungguh murah bahkan hanya markup dibawah 10% bahkan jadi demi terjual banyak. Karenanya inilah tantangannya!

Melainkan, Sobat Ainoru tak usah khawatir akan hal itu, jualan itu menarik sebab ada seni-nya sebab ada tekhniknya.

Disini saya akan memberikan sebuah tekhnik atau tips keren dimana Sobat bisa mengungguli dan bisa berkompetisi sehat ditengah ketatnya kompetisi shopee, ini saya rangkum menurut pengalaman dan pengamatan saya selama berjualan di shopee sampai dikala ini.

Seblum melaksanakan optimasi, terpenting dulu Sobat mesti melalukan Riset Produk. Langkah ini dilaksanakan untuk mencari tahu seberapa banyak produk yang sama dengan yang akan sobat jual dan seberapa tinggi persaingannya. Ini penting sebab untuk dibuat data acuan kita dalam optimasi. Silakan ketikkan nama produk yang sobat jual pada kolom search produk, gunakan keyword utama dan keyword turunan. Misal, Cream Temulawak (keyword utama), Cream Temulawak Absah, Cream Temulawak Ori (keyword turunan) maka nanti nanti akan timbul produk yang cocok kata kunci tersebut dari sebagian seller.

Seperti biasa abaikan yang ada dibaris pertama, produk yang timbul secara otomatis masuk klasifikasi terkait atau cocok kata kunci yang Sobat ketikan dan itulah daftar pesaing Sobat melainkan belum cukup sampai disitu. Silakan sobat klik tab “terlaris” yang ada disampingnya. Itulah kompetitor yang sesunggunya. Klasifikasi terlaris meliputi produk dengan penjualan terbanyak dan termurah. Sobat tak usah khawatir seandainya dirasa pada klasifikasi terlaris Sobat tak bisa berkompetisi sebab harga yang jauh lebih murah, paling tak Sobat masih bisa jadi nomer 1 di pencarian menurut keyword. Namanya jualan kita berhusnudzon saja sebab tiap-tiap orang mungkin belum tahu atau tak kepikiran untuk nge-klik klasifikasi “terlaris”  oke next lantas ke inti ya..

#1 Gunakan Title Tipe Menarik & Mengandung Kata Kunci
Title atau judul ini sungguh-sungguh penting sekali sebab dikala seseorang menemukan sebuah produk maka title lah yang pertama kali dia baca, jadi Sobat mesti memakai judul semenarik mungkin dan tentu saja usahakan mengandung keyword supaya produk sobat bisa berkompetisi dalam pencarian. Lalu bagaimana metode membikin judul yang menarik? Berikut komposisi yang bisa Sobat terapakan :
Nama produk (keyword utama) + Merk/Model + Keterangan
Pintar:
Cream Temulawak >> Cream Temulawak Widya Original 25gr
Oppo F3 >> Komplit Oppo F3 Full Set Garansi 1 Tahun

#2 Isi Deskripsi Produk Dengan Jelas Dan Walaupun
Seringkali saya menemukan postingan-postingan produk yang hanya judul dan gambar saja tanpa adanya deskripsi atau ada juga yang hanya menyisipkan 2 sampai 3 kata saja. Tak pihak marketplace sendiri sudah menyiapkan space yang lebih untuk deskripsi ini. Sobat bisa nilai sendiri bagaimana seandainya sobat ingin belanja produk di marketplace lalu searching-searching ketemu satu produk dengan gambar oke melainkan ideal diklik eh deskripsinya kosong, bagaimana kira-kira penilaian sobat? saya berani bertaruh 80% sobat mulai ragu untuk atc (add to cart) produk tersebut. Lhaa kenapa? yaps.. produk tersebut jadi tak meyakinkan, kurang trusted terpenting itu yaitu warung yang baru yang belum punya rating. Sehingga mengisi kolom deskripsi menjadi sungguh-sungguh penting, dan seandainya ingin lebih mantap lagi Sobat bisa memakai copywriting dalam penulisannya sehingga lebih menarik.

Gunakan lupa juga, Gunakan Hastag ( # ) di pada tiap-tiap komponen akhir deskripsi produk. Untuk apa fungsinya? Untuk mempermudah dan menangkap crawling pencarian kepada kata kunci dari produk Sobat.

#3 Gunakan Foto Produk Tipe Pemakaian Dan Beda
Gunakan bisa dipungkiri, kini marketplace sudah penuh sesak bertabur seller. Barbaur antara Supplier, Reseller dan Dropshipper. Jikalau foto produkpun kadang sama sebab sumbernya ya dari situ juga, seandainya ngga ngambil dari yang posting duluan berarti dari google ^_^. Terstruktur sekali memakai foto sendiri untuk produk yang sama. Dan inilah salah satu peluang Sobat untuk tampil lebih beda dari mereka. Gunakan foto produk yang unik, beda, high quality (tak pecah), gunakan background yang bagus dan angle yang menarik, Sobat juga bisa menambahkan watermark pada foto produk sobat sebagai identitas brand warung sobat.

#4 Lakukan Dan Ikuti PROMO
Salah satu taktik marketing untuk menarik calon pembeli yaitu Promo. Shopee sendiri sudah menyediakan fitur tersebut yang bisa dipakai oleh tiap-tiap seller untuk meningkatkan penjualannya.

Fitur Promo Shopee ini ada 4 ragam, ada promo warung yang sifatnya cuma-cuma dan promo ads yang berbayar. Sebab Sobat mempunyai budget besar dan ingin lebih unggul dalam menjangkau prosfek Sobat maka silakan gunakan fitur ads.

#5 Lakukan Push Produk Walaupun Minta
Dari sebagian marketplace yang ada, hanya sebagian yang menyediakan fitur push / sundul produk. Dan Shopee yaitu salah satunya yang menyediakan fitur ajaib tersebut disamping itu cuma-cuma pula. Aku sebut fitur ajaib, sebab memang inilah fitur dimana produk yang kita push bisa berada di halaman bahkan urutan pertama pencarian catalog Shopee. Dan ini juga senjata andalan saya waktu closing pertama dan closing-closing berikutnya. Walau semacam itu ada sebagian hal yang perlu sobat ketahui seputar fitur tersebut:


  • Fitur push produk akan menampilkan produk optimal pada baris kedua catalog Shopee.
  • Fitur Push produk hanya ada dibagian pencarian menurut (produk terkait) atau kata kunci saja.
  • Fitur Push produk hanya berlaku untuk 5 produk saja selama 5 jam, setelah itu maka Sobat baru bisa mengerjakannya kembali.
  • Jikalau fitur push produk ini cuma-cuma maka kemungkinan mayoritas seller sudah mengetahuinya, jadi memakai fitur ini bahkan tak menjamin bisa ada dihalaman pertama sebab produk sejenis akan berkompetisi.
  • Walaupun semacam itu, Sobat tak usah khawatir. Dari pengamatan saya, sebagian besar memang sudah mengenal fitur push produk ini, melainkan hanya sedikit saja yang tetap mengerjakannya, kenapa? sebab memang membosankan ^_^ melainkan itulah celah yang bisa kita maksimalkan.

#6 Karenanya Konsumen Untuk Memberikan Rekomendasi
Sebab Sobat sudah mendapatkan pembeli dan closing, jangan lupa meminta simpulannya atas produk yang dibeli. Manfaatnya kecuali nanti produk Sobat akan disarankan juga akan menambah trust kepada calon pembeli sehingga lebih yakin. Toko yang saya baca dari Bukunya Kang Dewa Eka Prayoga; Orang akan membeli sesuatu, salah satunya dari acuan orang lain. Karenanya dari itu review itu sungguh-sungguh penting. Sebab Aku, Sobat sebisa mungkin memberikan pelayanan yang terbaik, ramah dan fastrespon sehingga nanti reviewnyapun bagus.

#7 Lengkapi Toko Dengan Banner
Toko tak terlalu siginifikan pengaruhnya, melainkan betapa bagusnya hal kecil juga dilaksanakan. Jikalau hal besar dimulai dari yang kecil. Aku untuk menambah trust kepada calon pembeli, Banner Toko ini juga mewujudkan Toko Sobat lebih menarik dan kece serta profesional. Sobat bisa menambahkan sebagian banner warung. Isinya bisa pengenalan warung, produk yang dijual, testimoni dan lain sebagainya.

Itulah sebagian point yang saya gunakan selama berjualan di Shopee dan akhirnya Alhamdulillah luar biasa dan kunci utamanya yaitu tetap. Jikalau sehebat apa saja strateginya tak akan berarti apa-apa seandainya action nya malas malasan.

Sobat boleh meninggalkan jejak komen dibawah seandainya ada hal yang tak dimengerti atau ingin menambahkan. Aku rasa ini masih banyak yang kurang dan lagi tiap-tiap tiap-tiap orang akan punya pengalaman yang berbeda. Selamat berjualan !

Cara meningkatkan omset jualan di Shopee dengan mudah
-->